Monday, January 28, 2013

contoh pidato Bahasa Indonesia ^^



Assalamulaikum Warohmatullahhi Wabarokhatu
Salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Ibu Rubiati selaku guru Bahasa Indonesia
Serta teman-teman yang saya sayangi

            Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan hidayahnyalah saya dapat berdiri di sini untuk menyampaikan pidato saya yang berjudul “ Pentingnya Motivasi untuk Meningkatakan Prestasi Balajar “. Yang kedua saya mengucapkan terima kasih kedapa Ibu Rubiati serta teman-teman yang telah meluangkan waktunya untuk mendengarkan pidato dari saya.
            Dalam belajar, suatu saat pasti kita akan mengalami kebosanan. Bila perasaan tersebut dibiarkan maka kita akan mengalami kerugian yang sangat besar. Perasaan malas dan bosan akan menurunkan prestasi belajar kita. Seseorang akan sukses belajar ataupun pekerjaannya apabila memiliki keinginan yang kuat/serius untuk mencapainya. Keinginan tersebut digerakkakn oleh motivasi yang ada dalam dirinya. Jika seseorang dalam mencapai keinginnya tanpa dilandasi oleh motivasi yang baik, konsisten, ulet, tekun, rajin, serta disiplin maka keinginannya hanya tinggal harapan atau bias tercapai namun dengan hasil yang tidak maksimal walaupun mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi.
            Mengapa motivasi itu sangat penting bagi semua orang khususnya bagi siswa? seperti kita tahu motivasi sangatlah penting karena motivasi merupakan sumber semanagat kedua setelah niat. Motivasi juga mengandung daya penggerak dalam hal menumbuhkan gairah/rasa semangat dan senang dalam belajar. Motivasi sendiri adalah dorongan yang menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi terbagi menjadi dua, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal.
Motivasi internal adalah motivasi yang muncul dari dalam diri seseorang. Motivasi internal mencerminkan minat yang tinggi terhadap suatu hal sehingga membentuk kesadaran, contohnya jika seseorang rajin belajar karena ia ingin meraih prestasi maka ia akan belajar karena adanya dorongan dari dalam diri sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya motivasi internal antara lain: Keinginan  untuk mencapai sesuatu, bakat dan miat yang dimiliki, serta tingkat kesadaran yang tinggi akan kebutuhan.semakin tinggi kedewasaan seseorang, segala sesuatu yang dilakukan akan dipengaruhi oleh motivasi internal. Belajar yang dilandasi motivasi internal akan lebih efektif, karena keinginan/kemauan belajar bkan pengaruh dari luar melainkan karena ada kesadaran dari dalam diri seseorang tersebut terhadap pentingnya belajar.
Selain motivasi internal, motivasi eksternal adalah motivasi yang muncul dari luar diri seseorang. Motivasi ini merupakan bentuk motivasi yang muncul karena pengaruh kuat dari orang yang ada di sekitarnya, contohnya seseorang belajar karena diawasi/disuruh orang tua, berarti ia belajar karena ada dorongan dari luar. Belaajar yang dilandasi motivasi eksternal kurang efektif karena hanya tergantun dari pengaruh pihak lain. Jika pengaruh itu melemah, maka akan mempengaruhi penurunan aktivitas belajar, untuk sesuatu hal yang positif, motivasi tersebut sangat membantu untuk meningkatkan prestasi namun sebaliknya jika berupa hal-hal  yang negatif maka kita akan terjerumus da dapat merusak masa depan kita.
Motivasi belajar sangat diperlukan, baik motivasi internal aupun motivasi eksternal. Dengan adanya motivasi, belajar kita akan lebih efektif. Membangkitkan motivasi belajar sama dengan membangun kesadaran dan kemauan belajar lebih tekun sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Saya di sini mempunyai beberapa tips untuk meningkatkan motivasi belajar kita:




1.                           Bergaullah dengan orang-orang/teman-teman yang senang belajar. Bergaul dengan mereka akan membuat kitapun lebih senang dan giat belajar. Selain itu, coba cari komunitas teman yang mempunyai kebiasaan yang baik dalam belajar, namun bukan berarti pilih-pilih teman. Kebiasaan dan semangat mereka juga akan menular kepada kita sedikit demi sedikit.
2.                           Belajar apapun. Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formail maupun nonformal.
3.                           Bergaullah dengan orang-orang/teman-teman yang optimis dan selalu berfikir positif
4.                           Carilah motivator jika dibutuhkan. Kadangkala, kita butuh orang lain sebagi motivator dalam menjalani hidup terutama dalam belajar, misalnya teman, pacar, ataupun guru.

Dari beberapa tips meningkatkan motivasi belajar, saya juga mempunyai resep sukses yaitu belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap.
Saya berharap pidato ini dapat bermanfaat bagi kita semua pada umumnya dan bermanfaat bagi saya pada khususnya. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati ibu guru dan teman-teman. Akhir kata, jika ada jarum yang patah jangan simpan dalam peti, jika ada kata-kata yang salah jangan simpan dalam hati.
Waalaikumsalam Warohmatullahhi Wabarokatuh.



Oleh :
Rozaila Farcha/IX A/ 07

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates