Monday, March 11, 2013

Tips Supaya Tidak Mudah Stress


Stress ManKemacetan dimana-mana, beban kerja yang semakin menumpuk atau putus dengan kekasih bisa menyebabkab stress. Stress memang sangat tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu sangatlah penting untuk kita menghindari stress. Berikut tipsnya :
1. Istirahat yang cukup.
Istirahat yang cukup sangatlah penting. Tetapi jangan salah, terlalu banyak istirahat juga tidak baik. Istirahat yang normal sekitar 6-8 jam sehari. Jadi sesibuk apapun Anda, usahakan agar dapat beristirahat dengan cukup. Anda bukan robot yang bisa bekerja nonstop 24 jam sehari, bahkan robotpun akan cepat rusak apabila dipakai terus-terusan. Mungkin sekali waktu Anda pernah lembur karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, apabila itu terjadi maka seharusnya Anda membayar waktu istirahat Anda pada keesokan harinya.

2. Cukup olahraga.
Olahraga yang cukup akan membantu Anda untuk merasa relaks, karena dengan olahraga akan mengurangi ketegangan. Biasanya dengan berolahraga 3 kali minggu sudah cukup, misalnya dengan joging di sekitar rumah Anda pada pagi hari. Dengan olahraga juga akan membantu Anda menjadi lebih sehat, membuat pikiran lebih fresh serta meningkatkan energi dan stamina Anda.
3. Makan yang teratur.
Biasakan selalu makan teratur dengan gizi yang baik pada pagi, siang maupun pada malam hari. Jangan sampai Anda telat makan, karena apabila terlalu sering telat makan akan berdampak pada Anda dan meningkatkan potensi terkena stress. Selain itu juga, dengan telat makan akan menimbulkan penyakit, misalnya maag.
4. Interaksi sosial.
Apabila Anda mempunyai masalah dan merasa tidak sanggup untuk memecahkannya, kenapa tidak Anda coba untuk curhat dengan teman? Siapa yang tahu bahwa justru teman Anda mempunyai ide brilian untuk membantu memecahkan masalah Anda. Selain itu juga, Anda dapat tertawa dengan teman-teman dan membantu meredakan beban pikiran Anda. Pasti akan beda rasanya kalau Anda tertawa sendirian,bukan? Dengan bertemu dengan teman-teman yang sudah lama tidak dihubungi akan mempererat kembali hubungan Anda.
5. Berlibur.
Anda dapat menggunakan hak cuti Anda dan memanfaatkan untuk berlibur. Berlibur murah meriah dengan jalan-jalan di dalam kota ataupun jalan-jalan ke luar negeri apabila memang dananya memadai….kenapa tidak? Dengan berlibur akan melemaskan urat-urat syaraf Anda dan mengistirahatkan dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.
6. Mendengarkan musik.
Mendengarkan musik dapat mengurangi ketegangan tubuh. Anda dapat mendengarkan musik di kamar dan menggoyangkan tubuh mengikuti irama lagu, kalau takut musiknya terdengar oleh orang lain, maka pergunakan headphone. Atau apabila Anda ingin berteriak karena beban pikiran, kenapa tidak mencoba menyalurkannya dengan cara bernyanyi di karaoke ?
7. Lakukan hobi Anda.
Hobi merupakan suatu kesenangan apabila dikerjakan. Selama hobi itu positif, lakukan saja. Tetapi apabila Anda mempunyai hobi mencuri barang, sebaiknya jangan dilakukan ya.
8. Mendekatkan diri pada Tuhan
Selalu pasrah dan ikhlas dalam hal apapun akan membuat pikiran Anda menjadi lebih lega. Mendekatkan diri pada-Nya, berdo’a dan selalu mensyukuri segala karunia-Nya, hal ini sangat berpengaruh besar bagi Anda.
Demikianlah tips supaya Anda tidak mudah stress. Mudah-mudahan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Anda selalu senantiasa terhindar dari yang namanya stress. Dengan kepala yang dingin, bukan tidak mungkin dapat tercipta atau timbul ide-ide untuk lebih mengembangkan potensi diri Anda.
(http://www.himpunan-abiasa.com/2012/12/28/tips-supaya-tidak-mudah-stress/)

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates